Tugas Akhir

FAKTOR DOMINAN PELAYANAN SEBAGAI PEMBENTUK KEPUASAN WISATAWAN DAN CITRA USAHA PENUKARAN VALUTA ASING DI KABUPATEN BADUNG

Tesis

Abstrak

Oleh : Ni Made Ratih Sumartini Cakera, SE

Email : budiratihhealthy@yahoo.com

Fakultas / Jurusan : Fakultas Pariwisata / S2 Kajian Pariwisata

Kepuasan wisatawan adalah respon dari perilaku yang ditunjukkan oleh wisatawan dengan membandingkan hasil yang dirasakan dengan harapan. Apabila hasil yang dirasakan dibawah harapan, maka wisatawan akan kecewa, kurang puas bahkan tidak puas, namun sebaliknya bila sesuai dengan harapan, wisatawan akan puas dan bila kinerja melebihi harapan, wisatawan akan sangat puas. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan terhadap pelayanan usaha penukaran valuta asing di Kabupaten Badung, 2) untuk mengetahui faktor dominan dominan pelayanan usaha penukaran valuta asing yang membentuk kepuasan wisatawan di Kabupaten Badung. 3) untuk mengetahui hubungan kepuasan wisatawan terhadap citra usaha penukaran valuta asing di kabupaten Badung di mata wisatawan. Penelitian ini dilakukan di perusahaan Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing (KUPVA BB) di Kabupaten Badung yang meliputi Kecamatan Kuta, Kuta Selatan dan Kuta Utara. Penelitian ini menggunakan 150 responden yang di pilih sebagai sampel dengan menggunakan metode accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada wisatawan yang menggunakan pelayanan di perusahaan KUPVA BB di Kabupaten Badung, kemudian di analisis dengan menggunakan analisis faktor konfirmatori selanjutnya data di olah dengan menggunakan program SPSS versi 21.0. Hasil penelitian ini adalah: 1) tingkat kepuasan wisatawan terhadap kualitas pelayanan usaha penukaran valuta asing secara umum berada pada kategori puas, 2) kelima faktor dalam penelitian ini sebagai pembentuk kepuasan wisatawan dimana faktor responsiveness adalah faktor yang paling dominan membentuk kepuasan wisatawan faktor dan yang harus lebih ditingkatkan adalah faktor tangibility. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar para pengusaha penukaran valuta asing di Kabupaten Badung, meningkatkan kualitas pelayanan terutama tentang penyediaan media informasi sebagai indikator terendah dalam faktor tangibility.

Kata kunci : -

Download : File 1 File 2 File 3