• Tentang Unud
  • E-Library
  • IMISSU
  • LPPM
  • OASE
  • en INA
    • en INA
    • en EN
FAKULTAS PARIWISATA
UNIVERSITAS UDAYANA
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Fakultas
    • Visi, Misi dan Tujuan
    • Struktur Organisasi
      • Alur Struktur Organisasi
      • Senat Fakultas
      • Dekanat
      • Koordinator Program Studi
      • Koordinator Unit
      • Bagian Tata Usaha
      • Perangkat Penunjang Pendidikan
    • Kampus Fakultas Pariwisata
      • Kampus Bukit Jimbaran
      • Kampus Goris
      • Kampus Sudirman
    • Fasilitas
      • Kebutuhan Khusus untuk Penyandang Disabilitas
      • Auditorium Adnyana Manuaba
      • Auditorium Widya Sabha
      • Perpustakaan Pusat UNUD
      • Laboratorium Destinasi Pariwisata
      • Laboratorium F&B
      • Laboratorium Industri Perjalanan Wisata
      • Laboratorium Komputer
  • Program Studi
    • S1 Pariwisata
    • S1 Industri Perjalanan Wisata
    • DIV Manajemen Perhotelan
    • Program Magister
    • Program Doktor
  • Penjaminan Kualitas
    • Laporan Evaluasi Kepuasan Mahasiswa (in English)
    • Laporan Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran (in English)
  • Zona Integritas
    • Area 1: Manajemen Perubahan
    • Area 2: Penataan Tatalaksana
    • Area 3: Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur
    • Area 4: Penguatan Akuntabilitas
    • Area 5: Penguatan Pengawasan
    • Area 6: Pengingkatan Kualitas Pelayanan Publik
    • Pelaporan Keluhan
  • Fakultas dan Penelitian
    • Unit Internasional
      • Tourism Confucius Institute (TCI)
      • GOBALI
    • Staff Akademik
    • Kerjasama dengan Perguruan Tinggi
      • Universitas Adelaide
      • Universitas Louisiana Lafayette
      • Universitas Normal Sains dan Teknologi Jiangxi
      • Universitas Nanchang
      • Politeknik Bremen
      • Universitas Yamaguchi
      • Institut Teknologi Sumatera
      • Universitas Teknologi Mara
      • Time Door Academy
    • Kerjasama dengan Industri Perhotelan
      • Marriott International Indonesia
      • Bulgari Resort Bali
      • St. Regis Nusa Dua
      • The Westin Resort Nusa Dua
      • Intercontinental Resort
      • Raffles Bali
      • Le Temple Borobudur
      • Six Senses Uluwatu
      • Grand Mercure Bali Seminyak
      • Grand Mercure Jakarta Kemayoran
      • Radisson Ulu Uluwatu
      • Club Med Bali
      • Nakula Villa Management
      • Holiday Inn Resort Baruna Bali
      • Hilton Garden Inn Jakarta Taman Palem
      • Miers Kuningan Artotel
      • Hotel Borobudur Jakarta
      • Four Points by Sheraton
      • RA Hospitality
      • Arosa Hotel Jakarta
    • Kerjasama dengan Instansi Pemerintah
      • Badan Promosi Pariwisata Daerah Bali
      • Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores
      • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai
      • Kantor Imigrasi Kelas I Non-TPI Jakarta Pusat
      • Dinas Pariwisata Provinsi Bali
      • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara
      • Dinas Pariwisata Kabupaten Badung
      • Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar
      • Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado
      • Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kab. Sintang
    • Kerjasama dengan Industri Perjalanan Wisata dan Destinasi
      • Institut Penelitian Gunung Fuji dan JICA
      • Antavaya
      • Dwidaya Tour
      • The Space
      • Museum Sonobudoyo
      • Bali Zoo
      • PT. Praia Vatara Serada
      • PT. Amantara Sinar Gemilang
      • PT. Rindang Sakti Persada
      • PT. Enka Tour Bali
    • Publikasi
      • Jurnal Industri Perjalanan Wisata (IPTA)
      • Jurnal Destinasi Pariwisata
      • Jurnal Kepariwisataan & Hospitalitas
      • Jurnal Master Pariwisata (JUMPA)
      • E-Jurnal Internasional Pariwisata
  • Kemahasiswaan dan Alumni
    • Kemahasiswaan
      • Beasiswa
      • Kode Etik Mahasiswa
      • Standar Pelayanan Kemahasiswaan
      • Layanan Administrasi Kemahasiswaan
      • Pedoman Kegiatan Kemahasiswaan
      • Sinmawa Udayana
    • Organisasi Mahasiswa
      • Badan Perwakilan Mahasiswa FPAR UNUD
      • Badan Eksekutif Mahasiswa FPAR UNUD
    • Alumni
      • IKAYANA
      • Pelacakan Lulusan
  • PPID
    • Informasi Wajib Berkala
    • Informasi Serta Merta
    • Informasi Tersedia Setiap Saat
    • Permohonan Informasi
  • Layanan Online dan Dokumen
    • Layanan Akademik
      • Integrated Management Information System of Udayana University (IMISS U)
      • Online Academic Services of E-Learning (OASE)
    • Dokumen
    • Buku Panduan
      • Pedoman Disabilitas
      • Pedoman Disabilitas (Bahasa Inggris)
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • PKKMB
  • Beranda
  • Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur

Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur

I. Perencanaan Kebutuhan Pegawai sesuai dengan Kebutuhan Organisasi 

A. Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan. Analisis Jabatan, Peta Jabatan

B. Penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan.     

C. Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja. Bukti Fisik monev.


II. Pola Mutasi Internal

A. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan. Tata cara mutasi, Surat Tugas Mutasi Jabatan Internal. 

B. Dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan. Tata cara pelaksanaan mutasi

C. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja. Bukti fisik monev


III. Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi 

A. Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi. Pertor No 2 Tahun 2023 Standar Unud - Kompetensi Dosen dan Tendik

B. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, telah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai. Pertor No 2 Tahun 2023 Standar Unud - Kompetensi Dosen dan Tendik

C.  Tingkat kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan. Pertor No 2 Tahun 2023 Standar Unud - Kompetensi Dosen dan Tendik

D. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya

E. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (seperti pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, coaching, atau mentoring). LAPORAN PELATIHAN DAN SERTIFIKASI KEPEMANDUAN EKOWISATA, Laporan Team Work dan Capacity Building, Laporan Kunjungan UB

F. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja. Bukti Fisik Monev


IV. Penetapan Kinerja Individu 

A. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan perjanjian kinerja organisasi. PERJANJIAN KINERJA TH 2024 REKTOR DGN BPK. DEKAN, DAFTAR LINK SKP DOSEN DAN PEGAWAI F.PAR

B. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya. DAFTAR LINK SKP DOSEN DAN PEGAWAI F.PAR, Kesesuaian Indikator Penilaian dengan Level Di Atasnya

C. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik. SURAT PENGISIAN BKD IMISSU DAN SISTER

D. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward. INDIKATOR PENILAIAN DOSEN DAN PEGAWAI TERBAIK, Permendikbud No 30_Tahun2018 Pemberian Pengahargaan terhadap Pegawai, Piagam Penghargaan Dosen dan Pegawai Terbaik 2024, BUKTI DOKUMEN P3.IV.


V. Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai 

A. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan. Pertor 13 tahun 2018 Kode Etik Dosen Unud, Peraturan Pemerintah no 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS, UU RI No 05 Tahun 2014 tentang ASN, PERTOR no 11 tahun 2018 tentang Kode Etik Tendik, Aplikasi LAPOR Unud 2024,PP Nomor 94 Tahun 2021 Tentang PNS.


VI Sistem Informasi Kepegawaian 

A. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala. Tampilan Akses Sistem Informasi Dosen (SIMDOS) dan Sistem Informasi Pegawai (SIANITA)


Berita

  • PKKMB Fakultas Pariwisata 2025 - Hari Kedua...
    Jumat, 15 Agustus 2025
  • PKKMB Fakultas Pariwisata 2025 – Hari Pertama...
    Kamis, 14 Agustus 2025
  • Kegiatan Pra PKKMB Fakultas Pariwisata 2025...
    Sabtu, 9 Agustus 2025
Lihat Lebih Lanjut >>

Pengumuman

  • Penetapan Penerima Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Universitas Udayana Tahun 2023
    Rabu, 15 November 2023
  • Jadwal Kuliah Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024
    Jumat, 1 September 2023
  • Volunteer for The 2nd ANOC World Beach Games
    Selasa, 13 Juni 2023
Lihat Lebih Lanjut >>

Agenda

  • Upacara Akademik Wisuda Periode 169 dan 170 Universitas Udayana
    Jumat, 4 Juli 2025
  • Pelepasan Calon Wisudawan Fakultas Pariwisata Periode ke-115
    Rabu, 12 Oktober 2022
  • Kuliah Umum Fakultas Pariwisata
    Kamis, 1 September 2022
Lihat Lebih Lanjut >>

Kontak Kami

Fakultas Pariwisata Universitas Udayana


Jalan Sri Ratu Mahendradatta, Jimbaran, Badung, Bali

-8.798728, 115.167632


Email: fpar@unud.ac.id

Informasi

  • Universitas Udayana
  • LPDP
  • LPPM Udayana
  • Career Development Center
  • Alumni
  • Science Direct
  • Proquest
  • Elsevier
  • IEEEXplore
  • IEEE Comp Society

Ikuti Kami

© 2022 USDI - Universitas Udayana

  • Campus Map
  • Web Email