Mahasiswa Pariwisata Berjaya di Ajang PILMAPRES UNUD 2020 dan HOSPITOUR UPH Jakarta

`

Di musim pandemi Covid 19 ini ternyata mahasiswa Fakultas Pariwisata masih mampu menorehkan prestasi yang membanggakan.

Fakultas Pariwisata Universitas Udayana mengirimkan dua calon kandidat terbaiknya dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) di tingkat Universitas Udayana yang dilaksanakan mulai dari tanggal 8 – 11 Juni 2020. Pilmapres terbagi menjadi dua jenis, yakni pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat strata 1 (sarjana) dan tingkat diploma. Mahasiswa perwakilan dari Fakultas Pariwisata adalah Kesya Marcella Tjampan dari Program Studi Sarjana Destinasi Pariwisata dan Roberto Charles dari Program Studi D4 Pariwisata.



Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana seleksi Pilmapres para mahasiswa dikumpulkan untuk diseleksi, maka tahun ini proses seleksi dilakukan secara virtual melalui aplikasi Webex. Kesya dan Robert serta kandidat mahasiswa lain dari seluruh fakultas Universitas Udayana diharuskan mengikuti rangkaian proses seleksi, diantaranya seleksi psikotes, seleksi portofolio prestasi, seleksi tes wawasan kebangsaan secara tulis dan wawancara, seleksi english profiency test secara tulis dan wawancara, serta seleksi gagasan kreatif.

Menurut Kesya , “Pilmapres adalah kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi yang memiliki prestasi unggul baik akademik maupun non-akademik. Pilmapres bukan hanya ajang bergengsi bagi universitas, tapi juga menjadi wadah re-evaluasi kemampuan diri selama belajar di Fakultas Pariwisata dari segi hard skill, soft skill, maupun pembentukan karakter”. Lebih jauh Robert menjelaskan “Mahasiswa berprestasi diharapkan bisa menjadi generasi cemerlang yang memiliki kepribadian aktif, kreatif, inovatif dan solutif serta berintegritas”. Adapun persiapan yang dilakukan oleh Kesya dan Robert untuk mengikuti seleksi pilmapres adalah melakukan simulasi latihan soal untuk tes-tes tertulis dan membaca referensi tentang isu-isu yang terjadi di masa kini dari berbagai sumber bacaan. 



Berdasarkan hasil Pilmapres Universitas Udayana 2020, Fakultas Pariwisata berhasil mendapatkan peringkat ke-5 untuk tingkat strata 1 (sarjana) dan peringkat ke-2 untuk tingkat diploma. Prestasi membanggakan yang ditorehkan oleh Kesya dan Robert ini menjadi motivasi bagi mahasiswa/i Fakultas Pariwisata Universitas Udayana untuk terus berkarya, berkompetisi dan ikut berpartisipasi pada kesempatan yang akan datang. “kami percaya setiap orang memiliki bakat dan talenta. Jika bakat dan talenta tersebut terus dikebangkan dan ditingkatkan, maka akan menjadi suatu prestasi yang patut diapresiasi”, tutup Kesya dan Robert.



Sementara itu Fransisco Situmorang dan Kesya Marcella Tjampan berjaya dalam lomba Hospitour UPH Jakarta. Fransisco, mahasiswa Destinasi Pariwisata, Fakultas Pariwisata, berhasil meraih Juara 1 lomba menulis paper event Hospitour Universitas Pelita Harapan Jakarta yang penganugerahannya dilakukan pada 17 Juni 2020. Adapun judul paper yang diikutkan lomba adalah, “Peluang Pengembangan Volunteerisme Berbasis Masyarakat sebagai Produk Pariwisata Berkelanjutan’, di bawah bimbingan dosen Pak Saptono Nugroho, M.Par. Sedangkan Kesya berhasil meraih juara favorit lomba guiding Nasional dengan membawakan topic tentang Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

                                                                         (penulis: Mochammad Azka Zahirul Sofyan, mahasiswa DPW  2018)