Mahasiswi Fakultas Pariwisata Sabet Juara 1 Lomba Artikel Tingkat Nasional

`

JIMBARAN, TIM REDAKSI – Isaura, mahasiswi prodi Sarjana Pariwisata Fakultas Pariwisata Universitas Udayana kembali meraih prestasi bergengsi dengan menyabet Juara 1 Lomba Artikel Tingkat Nasional dalam kegiatan Pijar Grand Competition and Workshop pada Kamis (25/5). Acara ini diselenggarakan oleh Pers Mahasiswa Pijar Universitas Sumatera Utara secara hybrid, yaitu secara luring di Aula Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara dan secara daring via aplikasi instagramArtikelnya yang berjudul ‘Menilik Keberhasilan Citizen Journalism di Era Digital’ berhasil menjadi yang terbaik.

 

Kegiatan yang mengusung tema “The Art of Journalism” ini bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan generasi muda pada bidang jurnalistik. Kegiatan dikemas dengan berbagai kompetisi dan workshop terkait jurnalistik. Terdapat 5 cabang kompetisi pada acara ini, yaitu lomba debat tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas)live report, fotografi jurnalistik, desain grafis, dan menulis artikel. Untuk diketahui, lomba debat SMA dan live report diselenggarakan secara luring pada tanggal 22 Mei 2023. Sementara itu, untuk cabang lomba fotografi jurnalistik, desain grafis, dan menulis artikel diselenggarakan pada tanggal 8-22 Mei 2023. Namun, puncak acara dan pengumuman seluruh pemenang diadakan pada tanggal 25 Mei 2023, bersamaan dengan workshop.

Hadir dalam acara sebagai narasumber antara lain: Usman Kansong, S.Sos., M.Si., Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik di Kementerian Komunikasi dan Informatika; Nofri Affandi, S.Ikom., M.Ikom., news reporter TvOne; dan Agnes Sinambela, reporter DAAI TV. Acara juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU, Dr. Hatta Ridho., S.Sos., MSP dan Ketua Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara, Dra. Mazdalifah, M.Si., Ph.D; serta diikuti oleh peserta luring.


Acara diawali dengan pembukaan oleh MC. Kemudian, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, dan sambutan dari Wakil Ketua Panitia Pijar Grand Competition, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik USU, dan Koprodi Sarjana Ilmu Komunikasi. Dilanjutkan dengan workshop berupa pemaparan materi oleh ketiga pembicara. Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang lima cabang perlombaan Pijar Grand Competition 2023.

 

Dalam wawancara bersama Tim Redaksi, Isaura turut menyampaikan kesannya saat mengikuti perlombaan ini. “Jujur saya tidak berharap apa-apa saat mengikuti lomba ini. Saya sangat senang karena mendapatkan pengalaman baru, khususnya pada bidang jurnalistik.”

 

Bersama dosen pembimbingnya, Dr. Nararya Narottama, SE., M.Par., M.Rech, Isaura beberapa kali berhasil meraih prestasi terbaik dalam bidang penulisan artikel ilmiah dan jurnalisme, prestasi terakhir sebagai Juara 1 dalam Widyatama Journalism Festival 2022 di Bandung, Jawa Barat.

 

Isaura berharap agar kedepannya, semakin banyak mahasiswa yang menorehkan prestasi untuk Fakultas Pariwisata Universitas Udayana“Saya harap, kedepannya semakin banyak mahasiswa yang berpartisipasi dalam perlombaan untuk mengharumkan nama Fakultas Pariwisata Universitas Udayana di tingkat nasional bahkan internasional.” tutup Isaura dengan antusias. (IS)