Perilaku Border Country Tourist di Batam Mengantarkan Thariqy Menyandang Gelar Doktor

`

JIMBARAN, TIM REDAKSI – Program Doktor (S3) Pariwisata Universitas Udayana telah mengadakan Ujian Terbuka Promosi Doktor atas nama I Wayan Thariqy Kawakibi Pristiwasa dengan judul Disertasi “Perilaku Border Country Tourist di Batam Kepulauan Riau”. Ujian terbuka promosi doktor ini merupakan proses yang ditempuh untuk menyandang gelar Doktor pada Program Doktor Program Studi Pariwisata. Ujian Terbuka dilaksanakan di Ruang Sidang Lantai 3, Gedung Pascasarjana Kampus Unud Sudirman, Denpasar, Senin (06/02).

 

Ujian terbuka promosi doktor Program Doktor Program Studi Pariwisata berlangsung dengan baik, I Wayan Thariqy Kawakibi Pristiwasa mempresentasikan hasil penelitiannya secara langsung di hadapan tim penguji yang diketuai oleh Prof, Dr. Drs, I Nyoman Sunarta, M.Si., ujian terbuka ini juga dihadiri tim penguji internal, yaitu Prof. Dr. I Gde Pitana, M.Sc. sebagai Promotor, Dr. I Wayan Suardana, S.ST.Par.,M.Par sebagai Ko-promotor I, Ni Made Sofia Wijaya, S.ST.Par.,M.Par.,Ph.D sebagai Ko-promotor II, dan Anggota Penguji yang beranggotakan Prof. Dr. I Komang Gde Bendesa, M.A.D.E, Prof. Dr. Ir. I Made Antara, MS., Dr. Putu Saroyini P.,SE.,Ak.,MM., Dr. Putu Sucita Yanthy, SS.,M.Par., Dr. Mohammad Raziff Jamaluddin, beserta Penguji Akademik yang terdiri dari Dr. I Putu Sudana, A.Par.,M.Par., Dr. Yohanes Kristianto, S.Pd.,M.Hum., dan Dr. Nararya Narottama, SE.,M.Par.,M.Rech.

 

I Wayan Thariqy Kawakibi Pristiwasa mampu menjawab pertanyaan dengan baik dan lancar, serta dapat mempertahankan argumen atas disertasinya. Disertasi ini bertujuan untuk menganalisis perilaku wisatawan berdasarkan motivasi, sikap, perceived quality, dan perceived of risk pada border country tourist di Kota Batam. I Wayan Thariqy Kawakibi Pristiwasa melakukan penelitian dengan metode kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik simpulan bahwa border country tourist di Batam mayoritas memiliki perilaku berdasarkan motivasi yang tinggi untuk prestige. Sedangkan untuk perilaku wisatawan berdasarkan sikap memiliki tanggung jawab. Kemudian perilaku berdasarkan perceived quality memiliki persepsi yang tinggi tentang harga. selain itu, perilaku wisatawan berdasarkan perceived of risk memiliki persepsi tentang resiko kesehatan.


Dalam ujian terbuka promosi doktor ini, I Wayan Thariqy Kawakibi Pristiwasa dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Doktor (Dr) Pariwisata dengan berhasil meraih nilai akhir yang sangat memuaskan. I Wayan Thariqy Kawakibi Pristiwasa merupakan lulusan ke-92 dari Program Doktor Program Studi Pariwisata Fakultas Pariwisata Universitas Udayana. Tim Penguji mengucapkan selamat dan menyampaikan rasa bangganya, selain itu dengan gelar doktor yang diperoleh dapat meningkatkan kualitas akademisi dari Fakultas Pariwisata Universitas Udayana. (BI)