Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) : Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengemasan Paket Wisata "Lampu di Catur" Desa Catur Bangli

PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Ditlitabmas Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana,yaitu PKM.

Fakultas Pariwisata beberapa waktu lalu mengadakan PKM-Penelitian di Desa Catur, Kabupaten Bangli. Di acara tersebut Fakultas Pariwisata diwakili oleh beberapa mahasiswa dan dosen(tampak dalam gambar yaitu Bapak I Nyoman Sudiarta, SE.,M.Par) dan dari pihak desa diwakili oleh beberepa perangkat desa seperti kelihan adat dan bendesa adat.

PENGABDIAN PAK SUDIARTA