Rektor Unud Dukung Pengabdian Kolaboratif Fakultas Pariwisata dengan Mount Fuji Research Institute dan UGM di Gunung Agung

`

BUKIT JIMBARAN, TIM REDAKSI- Dekan Fakultas Pariwisata Unud beserta jajaran bersama perwakilan Mount Fuji Research Institute dan Universitas Gadjah Mada (UGM) melaksanakan audiensi dengan Rektor Unud, Prof., Dr., Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, IPU di Gedung Rektorat, Rabu (10/08). Dekan Fakultas Pariwisata Unud Dr. I Wayan Suardana dalam kesempatan tersebut melaporkan bahwa pihaknya sedang menjajagi kerjasama dengan beberapa institut maupun universitas terkait riset maupun pembelajaran.

Salah satu rencana kerja sama yang sedang dijajaki tersebut antara lain kolaborasi bersama UGM terkait penanggulangan bencana di lereng Gunung Agung. Melalui kesempatan tersebut, Dekan memohon arahan Rektor agar target yang diharapkan tetap sesuai dengan tujuan, sehingga berkontribusi maksimal tidak hanya untuk Fakultas Pariwisata, tetapi juga untuk Universitas Udayana sebagai institusi.

Dekan Fakultas Pariwisata, Dr. I Wayan Suardana, SST.Par., M.Par berharap kerjasama yang ada kedepannnya tidak hanya sebatas riset saja, tetapi juga menyangkut publikasi. “Mudah-mudahan kedepan kolaborasi ini tidak hanya di riset saja, tapi untuk peningkatan publikasi dan lainnya sehingga menjadi kapasitas kami dalam mewujudkan Fakultas untuk menuju WCU dan lain sebagainya terutama dalam hal internasionalisasi, maju satu langkah. Implementasinya nanti pada Prodi S1 Pariwisata karena berkaitan dengan Mata Kuliah Manajemen Krisis dan Mitigasi Bencana  serta Mata Kuliah Krisis, Disaster, dan Pariwisata pada Prodi Magister dan Doktor”, ujar Suardana.

Pihak UGM dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dalam tiga tahun terakhir sudah dilakukan pengabdian masyarakat berkolaborasi dengan Mount Fuji Research Institute. “Kami sudah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat bersama di Gunung Merapi, sebab gunung ini cukup menarik dari aspek mitigasi bencana. Setelah itu selesai kita ingin mencari tantangan baru untuk melakukan kegiatan serupa tetapi lebih ke pendekatan pariwisata untuk itu akan dilakukan di Bali, yakni Gunung Agung”, jelasnya.

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara menyatakan siap mendukung inisiatif tersebut. “Tanggung jawab kita juga sebagai institusi dalam memberikan kontribusi terhadap keberadaan Gunung Agung. Untuk itu mari kita lakukan apa yang bisa dilakukan. Mudah-mudahan bisa membuat program yang jelas bagi masyarakat di sekitar Gunung Agung. Kita berkolaborasi untuk saling belajar dan bekerja bersama-sama. Kita juga punya pusat mitigasi bencana yang dapat turut digandeng”, ujarnya. (SN)