Webinar dalam Rangka BK 35 Fakultas Pariwisata

`

Badan Kekeluargaan Fakultas Pariwisata tahun 2020 dirayakan dalam situasi pandemi virus Covid 19. Seluruh civitas akademika melakukan Learning and working from home sejak pertengahan bulan Maret. Hal ini menyebabkan panitya BK 35 bekerja keras agar dapat merayakan BK (dies fakultas). Akhirnya dirancang kegiatan webinar.

Ketua Panitya BK 35, Gde Indra Bhaskara, mengungkapkan bahwa walaupun sedang dalam masa jeda kampus, perayaan BK diusahakan tetap ada. "Beberapa kegiatan kita akan geser ke bulan Agustus, namun pada saat hari lahir diupayakan tetap ada kegiatan sebagai ungkapan rasa syukur," jelas dosen lulusan Inggris tersebut.

Akhirnya  webinar dengan tema "Tourism Resilience di Tengah Pandemi COVID-19" berhasil digelar. Terdapat tiga narasumber  yang menjadi pemantik diskusi dengan pengayaan materi terkait dengan strategi ketahanan pariwisata di tengah kondisi pandemi COVID-19, diantaranya:

  • I Made Gunarta (Owner Yoga Barn & Bali Spirit Festival, Ubud,
  • Prof. M. Baiquni, M.A. (Guru Besar Geografi UGM),
  • Prof. I Nyoman Darma Putra, M.Lit

"Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya dengan keikutsertaan peserta webinar yang telah mencapai angka 270 orang" ungkap I Nyoman Sunarta, Dekan Fakultas Pariwisata UNUD dalam sambutannya di awal acara.

Diskusi webinar berlangsung dengan hangat dan seru yang berhasil menelorkan beberapa kesimpulan, sebagai berikut:

    • Pengelolaan DTW selama masa pandemi COVID-19 dilakukan berdasarkan semangat positif untuk menunjukan ketahanan eksistensi pada wisatawan dan melakukan pembenahan terhadap masalah-masalah pariwisata yang telah terjadi.
    • Arah pembangunan pariwisata pasca pandemi COVID-19 berpotensi berubah menuju jenis alternative tourism, responsible tourism (pariwisata bertanggung jawab), dan slow tourism (aktivitas wisata yang bersifat santai/ tidak terpaku waktu).
    • Dibutuhkan dana insentif dari pemerintah kepada UMKM bidang pariwisata sangat untuk penguatan ketahanan pariwisata secara internal, terutama penguatan aspek ekonomi di tengah pandemi.

      Dengan demikian, Fakultas Pariwisata UNUD ke depannya akan mengadakan webinar-webinar yang dapat diakses oleh kalangan umum untuk mewujudkan kebijakan "Belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah dari rumah". 

      Dirgahayu Fakultas Pariwisata Universitas Udayana!!